Mahasiswa Doktoral Indonesia di Inggris Raya Berkumpul Bahas Isu Global

Asosiasi mahasiswa PhD Indonesia di Inggris Raya atau Doctrine UK (Doctoral Epistemic of Indonesia in the UK) menyelenggarakan the 2nd Doctrine UK Summit 2024 di Glasgow, Skotlandia pada 22-23 Juni 2024. Acara dengan tema “Resilience in a Changing World: Embracing Global Geopolitical Challenges” ini membahas berbagai isu global yang tengah hangat diperbincangkan yaitu isu geopolitik, ekonomi, dan Kesehatan global.

Acara yang dihadiri lebih dari 130 orang tersebut dibuka oleh Rezza F. Prisandy, Ketua DoctrineUK yang disaat yang sama juga meluncurkan Doctrine UK Alumny Club, yang dirancang akan menjadi asosiasi alumni PhD Indonesia lulusan UK kedepan. Welcoming remarks juga disampaikan oleh Prof. Clare McMannus, Dean for Global Engagement – South East Asia & Australia, University of Glasgow, yang menyampaikan pentingnya kerjasama dan kolaborasi lintas negara yang dilakukan oleh para PhD Students dalam membahas dan memberikan rekomendasi atas solusi permasalahan global.

HE Dr Desra Percaya, Duta Besar RI untuk Inggris Raya, Irlandia dan IMO, juga hadir dalam sesi Geopolitical Fireside Chat dan membagikan pandangan mengenai tantangan yang dihadapi dunia saat ini. Beliau juga berbagi pegalaman kisah sukses KBRI dalam membantu warga Indonesia berjuang menghadapi Covid-19 di Inggirs Raya beberapa waktu lalu.

Di Plenary session, the 2nd Doctrine UK Summit 2024 juga mengundang beberapa pakar untuk membahas isu global lebih dalam diantaranya Dr Ruth Nikijuluw (the Economist at the World Bank), Dr Frederic Ho (Chartered Statistician, the University of Glasgow), dan Dr Rafet Emek Kurt (the University of Strathclyde). Selain itu dalam bahasan Indonesian Billateral Perspectives, hadir pula Anggraini Sesotyoningtyas (Head of Economics Affairs, KBRI London), serta Allessandro Bernama (Head of Political Affairs, KBRI London)

Acara ditutup dengan soft launching Laporan “Indonesian Enterprise Going Global” yang merupakan kolaborasi antara Doctrine UK dan Equatorise, Sebuah konsultan berbasis di London. Laporan tersebut berisi penjelasan dan identifikasi berbagai tantangan, peluang, serta rekomendasi untuk perusahaan di Indonesia untuk go internasional. Laporan tersebut dapat diunduh di laman https://www.doctrineuk.org/publications/#going-global.

Tentang Kami

Doctrine- UK atau Doctoral Epistemic of Indonesian in the United Kingdom (Doctrine-UK) adalah sebuah sebuah organisasi independen, yang mempersatukan seluruh mahasiswa doktoral Indonesia dari berbagai universitas di Inggris Raya. Sekretariat organisasi kemahasiswaan ini berada di London.